Dana Desa Jepara Naik

Tahun Ini Dana Desa Jepara Naik Jadi Rp 175 Miliar

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA- Tahun ini, Kabupaten Jepara mendapat dana desa lebih banyak dibanding tahun lalu. Jumlah total dana desa yang diberikan oleh pemerintah pusat pada 2016 mencapai Rp 175 miliar.
Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Budiarso, mengatakan, alokasi dana desa untuk Bumi Kartini pada tahun ini naik 125 persen. Ia berharap, anggaran sebesar itu tidak hanya untuk peningkatan infrastruktur.
“Pakai juga untuk peningkatan di sektor pendidikan dan kesehatan warga. Gunakan dana desa secara tepat sasaran, efektif, dan produktif,” tegasnya di Pati, akhir pekan kemarin.
Menurut Budiarso, setiap desa di Kabupaten Jepara rata-rata bakal memperoleh Rp 1,4 miliar. Anggaran tersebut berasal dari dana desa sebesar Rp 600 juta dan dari Alokasi Dana Desa.
Untuk pencairan, setiap desa di Kabupaten Jepara mendapat Rp 600 juta pada tahap pertama. Sisanya, diberikan pada tahap kedua, yakni Agustus 2016, berdekatan pencairan untuk Kabupaten Pati.
“Kami mendorong agar pemerintah setempat tidak terlalu lama menyimpan dana desa di kas daerah. Secepatnya, salurkan dana ke kas desa,” pinta Budiarso. (*)
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan