Pendaftaran Calon Petinggi Dibuka

Panitia Pemilihan Petinggi (P3)

SUKOSONO – Kamis (25/8/2016) ini, pendaftaran calon petinggi di 24 desa di Jepara yang menggelar pemilihan petinggi (pilpet) serentak mulai dibuka, salah satunya desa kita sukosono. Pendaftaran bakal calon dilakukan mulai tanggal 25 kemarin sampai 2 September mendatang. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Jepara Arwin Nor Isdiyanto. Menurut Arwin, untuk pemungutan suara dilaksanakan tanggal 14 November 2016.

Arwin menambahkan, dari 24 desa yang akan menggelar pilpet itu, 19 diantaranya masa jabatan petingginya sudah berakhir pada 2015 lalu dan kini diisi oleh penjabat (pj) petinggi, ada yang dari carik atau kecamatan, salah satunya adalah desa sukosono. Lima yang masih definitif yakni Desa Jambu, Sinanggul, Pekalongan, Bringin dan Pelemkerep. “Yang masa jabatannya habis memang diisi oleh Pj petinggi, hal ini demi pelaksanaaan pilpet serentak sesuai dengan amanat UU tentang desa,” katanya.

Salah satu panitia pelaksana petinggi (P3) desa sukosono Mengatakan dan mengajak, untuk  buruan mendaftar kepada panitia, karna waktu pendafran hanya 7 hari. Dan bagi warga yang ingin mendaftar untuk bisa menanyakan kepada ketua Rt setempat, atau bisa datang langsung ke sekretariatan Panitia Pemilihan Petinggi (P3) di balai desa sukosono pada jam kerja, ” katanya.

Menurut Arwin, jika tahun 2016 ini di jepara ada 24 desa yang menggelar pilpet serentak, maka gelaran pilpet selanjutnya baru akan dilakukan pada 2018 mendatang, yakni sebanyak 23 desa. “Untuk tahun 2017 tidak ada pilpet dikarenakan sudah ada agenda pemilihan bupati dan wakil bupati,” tandasnya.
Sementara itu, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengajak kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Jepara yang akan menggelar pesta demokrasi pemilihan petinggi, diminta untuk tidak golput. Pasalnya, pilihan masyarakat inilah yang akan menetukan desa masing masing.

Dikatakan Marzuqi, selain menjaga kondusifitas wilayah, bupati juga mengajak memilih petinggi sesuai dengan hati nurani masyarakat. Tanpa tergiyur rayuan dan janji janji manis termasuk politik uang. Disampaikan perbedaaan pilihan adalah hal yang biasa dalam pesta demokrasi, akan tetapi persaudaraan adalah yang uatama. Kepada petinggi juga harus siap menang dan kalah.

24 Desa yang Gelar Pilpet Serentak 2016

  1. Kecamatan Keling: Bumiharjo
  2. Kecamatan Bangsri: Wedelan
  3. Kecamatan Pakisaji: Tanjung
  4. Kecamatan Mlonggo: Sinanggul dan Jambu
  5. Kecamatan Tahunan: Krapyak
  6. Kecamatan Batealit: Pekalongan dan Bringin
  7. Kecamatan Kalinyamatan: Purwogondo, Sendang, Margoyoso dan Bandungrejo
  8. kecamatan Kedung: Rau, Dongos dan Sukosono
  9. kecamatan Mayong: Mayong Lor dan Pelemkerep
  10. kecamatan Welahan: Gidangelo, Guwosobokerto, Kalipucang Wetan dan Kalipucang Kulon
  11. Kecamatan Karimunjawa: Karimunjawa, Kemojan dan Parang
    Maskot Pemilihan Petinggi desa Sukosono

    Facebook Comments

    Tinggalkan Balasan